niat mandi wajib

niat mandi wajib
banyak sekali muda mudi yang masih bingun dalam menjalan kan tata cara niat dan doa setelah mereka berhubungan keluar mani ataupun wanita yang setelah haid atau nifas. perlu kalian ketahui, untuk niat dan doanya itu berbeda.

berikut ini doa dan Niat mandi wajib adalah sebagai berikut:

Sebelum melakukan mandi wajib, kita harus berniat terlebih dahulu. Niat mandi wajib diucapkan dalam hati 

Niat ini bisa diucapkan dalam hati, dan tidak perlu diucapkan secara lisan. Namun, penting untuk diingat bahwa niat ini haruslah murni karena Allah dan dilakukan dengan kesadaran penuh.

niat mandi wajib


niat mandi wajib setelah haid atau nifas adalah
Niat mandi wajib setelah haid dan nifas adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

nawaitul ghusla lirof’il hadatsil akbari minal janaabati fardho lillahi ta’aala

Artinya: “Saya niat mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar dari nifas fardhu karena Allah ta’ala.”

Niat ini juga bisa diucapkan dalam hati dan tidak perlu diucapkan secara lisan. Ingatlah bahwa niat ini haruslah sungguh-sungguh dan dilakukan dengan kesadaran penuh serta niat yang tulus karena Allah.


tata cara mandi wajib pria
Berikut adalah tata cara mandi wajib bagi pria:

Niat: 
Mulailah dengan niat mandi wajib dalam hati dengan niat yang tulus karena Allah.

Basahi seluruh tubuh: 
Mulailah dengan mengalirkan air ke seluruh tubuh Anda, pastikan air mengenai seluruh anggota tubuh dari kepala hingga kaki.

Bersihkan gigi: 
Sikat gigi dan bersihkan mulut Anda.

Berkumur-kumur: 
Berkumur-kumur dengan air bersih, tetapi jangan menelan air kumuran tersebut.

Cuci hidung: 
Gunakan tangan untuk mengambil air dan hirup air tersebut ke hidung, kemudian keluarkan dengan kuat melalui hidung. Ulangi proses ini tiga kali.

Cuci seluruh tubuh: 
Bersihkan seluruh tubuh dengan air, pastikan air mencapai semua bagian tubuh termasuk rambut, kulit, dan anggota tubuh lainnya. Gunakan sabun atau bahan pembersih yang biasa Anda gunakan saat mandi.

Cuci anggota tubuh dengan tangan kanan: 
Setelah mengalirkan air ke seluruh tubuh, gunakan tangan kanan untuk mencuci organ intim.

Menyisir rambut: 
Jika Anda memiliki rambut panjang, sebaiknya menyisir rambut setelah mencuci bagian anggota tubuh dengan air.

Siram tubuh tiga kali: 
Setelah mencuci tubuh dengan air, siramlah seluruh tubuh Anda dengan air tiga kali.

Pastikan untuk menjaga kebersihan dan kesucian saat melakukan mandi wajib. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin mengetahui tata cara yang lebih rinci, disarankan untuk merujuk kepada otoritas keagamaan atau ulama yang kompeten.


tata cara mandi wajib wanita
Berikut adalah tata cara mandi wajib bagi wanita:

Niat: 
Mulailah dengan niat mandi wajib dalam hati dengan niat yang tulus karena Allah. Membaca niat mandi wajib cukup dalam hati anda seraya mengguyur kan air dari ujung kepala anda sampai ujung kaki anda sebanyak tiga kali ya. 

Bilas tangan: 
Mulailah dengan membilas kedua tangan anda hingga pergelangan tangan anda. Mengguyurkan air ke anggota tubuh bagian kanan anda sebanyak tiga kali, kemudian bagian kiri anda sebanyak tiga kali. diDalam riwayat hadits juga disebutkan bahwasanya Aisyah berkata:, 
"Apabila salah seorang dari kita janabah, maka ia mengambil air dengan kedua tangannya dan menyiramkannya pada kepalanya sebanyak tiga kali. Lalu, ia mengambil air lagi dan menyiramkannya ke tubuh bagian kanannya. Kemudian, ia mengambil air lagi dan menyiramkannya ke tubuh bagian kirinya." (HR Bukhari). 

Bersihkan organ intim: 
Gunakan tangan kiri untuk membersihkan organ intim dengan air yang mengalir. Jaga agar tangan kiri tidak menyentuh tangan kanan selama proses ini.

Wudhu: 
Jika Anda belum berwudhu, lakukan wudhu setelah membersihkan organ intim. Gunakan air bersih untuk mencuci wajah, tangan, dan kaki sesuai dengan tata cara wudhu yang biasa Anda lakukan.

Basahi seluruh tubuh: 
Mulailah mengalirkan air ke seluruh tubuh Anda, pastikan air mengenai seluruh anggota tubuh dari kepala hingga kaki. Pastikan air mencapai seluruh bagian tubuh, termasuk rambut dan kulit.

Cuci rambut: 
Jika rambut Anda terbuka, basahi rambut dan gosok dengan jari-jari Anda agar air mencapai kulit kepala.

Cuci seluruh tubuh: 
Bersihkan seluruh tubuh dengan air, pastikan air mencapai semua bagian tubuh termasuk rambut, kulit, dan anggota tubuh lainnya. Gunakan sabun atau bahan pembersih yang biasa Anda gunakan saat mandi.

Siram tubuh tiga kali: 
Setelah mencuci tubuh dengan air, siramlah seluruh tubuh Anda dengan air tiga kali.

Wudhu akhir: 
Setelah mandi wajib selesai, lakukan wudhu kembali sebagai persiapan untuk shalat jika Anda berencana untuk melaksanakan shalat setelah mandi.

Pastikan untuk menjaga kebersihan dan kesucian saat melakukan mandi wajib. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin mengetahui tata cara yang lebih rinci, disarankan untuk merujuk kepada otoritas keagamaan atau ulama yang kompeten.


doa setelah mandi wajib
inilah Doa Sesudah Mandi Wajib yang jarang Diketahui dan di perhatikan, Lengkap dengan Terjemahannya
Setelah mandi wajib, Anda dapat mengucapkan doa berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ 

bacaan Arab Latin: 
Asyhadu al lâ ilâha illaLlâh wahdahu lâ syarîka lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasûluhu. Allahummaj Alni minat tawwâbîna waj’alni minal mutathahhirîn. Subhânaka Allâhumma wa bihamdika asyhadu al lâ ilâha illa Anta astaghfiruka wa atûbu ilaik. Wa shallaLlâhu ‘ala sayyidina Muhammad wa `âli Muhammad. 

Artinya: 
“Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Maha Suci engkau Ya Allah, dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Engkau, aku meminta ampunan pada-Mu, dan bertaubat pada-Mu. Semoga berkah rahmat Allah senantiasa terlimpahkan kepada nabi Muhammad dan keluarganya.”

Doa ini adalah doa syahadat, yang mengakui keesaan Allah dan membenarkan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan-Nya. Anda dapat mengucapkannya sebagai ungkapan syukur setelah menyelesaikan mandi wajib.

Selain itu, setelah mandi wajib, Anda juga dapat berdoa untuk memohon ampunan, keberkahan, atau mengucapkan doa lain yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Doa merupakan bentuk komunikasi dengan Allah, jadi luangkan waktu untuk mengungkapkan kebutuhan dan harapan Anda setelah mandi wajib.

itulah tadi doa niat mandi wajib dan tata cara mandi wajib, jika ada salah mohon di koreksi dan alangkah baiknya anda tanyakan langsung kepada pak kiai di tempat anda langsung tata cara niat dan doa mandi wajib yang benar itu seperti apa, supaya meminimalisir bacaan dan niat yang salah dari mandi wajib yang saya ulas di atas. baik mandi wajib yang sehabis berhubungan intim badan maupun keluar mani karena mimpi atau sehabis haid atau nifas. sekiranya salah yang saya sampaikan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena saya bukan kiai maupun ustad. 

jadi jika salah dalam penyampaian saya, mohon di maklumi. karena saya copas dari web web ternama yang credibel.
semoga artikel tentang niat mandi wajib ini bermanfaat. 



Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *